Rabu, 13 Maret 2013



Perbedaan Idol Group dengan Girlband


         

Sejak pertama kali dikenalkan ditanah air hingga saat ini, JKT48 semakin memperlihatkan kepopulerannya dengan mengangkat konsep “Idol Group pertama di Indonesia”. Mungkin masyarakat awam dan para penggemar yang baru mengikuti dan menyukai JKT48 banyak yang bertanya, apa sih Idol Group itu? Apa bedanya dengan girlband yang saat ini sedang menjamur di duniamusik hiburan tanah air?
          Di rubrik ini saya akan khusus membahas pengertian idol group itu sendiri. Disini juga akan dijelaskan kenapa konsep idol group itu sangat berbeda dengan girlband yang sudah ada.
          Girlband so pasti kalian sudah sangat sering menemui istilah ini, bahkan menyukainya. Seperti yang sudah kita ketahui, girlband adalah sekumpulan (tiga atau lebih) orang yang bernyanyi, menari dan merilis lagu-lagu yang bisa dinikmati para penikmat dunia music dan hiburan. Kiprah mereka biasanya hanya berfokus pada titik itu saja, dimana mereka memusatkan pada apa yang sudah mereka suguhkan. Jika ada sebagian dari mereka yang mulai merambah dunia acting atau jenis hibuaran lainya, itu hanyalah menjadi kegiatan ekstra dari apa yang sebenernya mereka fokuskan pada awalny.
          Idol group yaitu sebuah wadah bagi orang-orang (biasanya dimulai dari umur masih muda) untuk menjadi idola sesungguhnya. Kemampuan mereka bernyanyi, menari, berakting, menjadi seorang model, bertingkah laku, atau lain sebagainya, akan dilatih, diasah, dan dikembangkan sedemikian rupa sehingga mereka bisa semakin matang dan percaya diri untuk merambah lebih lanjut ke dunia hiburan. Memang saat ini mereka juga menyanyi, menari, merilis lagu, tapi ke depanya tidak hanya itu saja. Pihak manajemen yang menaungi mereka akan mempromosikan mereka agar kelak mereka bisa berdiri sendiri, dan sebagainya. Member  yang sudah menganggap dirinya siap atau oleh pihak menajemen dianggap sudah siap memasuki dunia hiburan sevara individual akan dinyatakan lulus, dan akan digantikan oleh generasi selanjutnya, dan akan terus berlanjut seperti itu.
          Perbedaan yang cukup mencolok dari idol group dan girlband adalah cara prekrutanya member yang bergabungdi dalamnya. Sebelum turun ke industry hiburan professional, para member sebuah girlband sudah dibentuk sedemikia rupa sehingga dianggap sempurna dari segi vocal, menari, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk idol group, dari awal mereka masih belum sempurna dan masih berkembangpun sudah langsung diperkenalkan secara umum.Tujuannya agar para fans bisa melihat sendiri perkembangan idola mereka dari yang terjadinya tidak bisa apa-apa, bukan siapa-siapa, sampai menjadi sebuah sosok idola yang matang dan professional.
          Gimana??? Paham kan ya. Moga-moga tidak akan terjadi lagi kaprah dalam penyebutan suatu group.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar